Mesin Tekno

Inilah Beberapa Komponen Hoist Crane Yang Wajib Diketahui

Hoist Crane

Agar penggunaan Hoist Crane lebih efektif dalam mengangkut muatan, yuk simak beberapa komponen Hoist Crane berikut ini!

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu jenis alat berat Hoist Crane digunakan sebagai alat pengangkut barang yang digunakan pada sebuah industri, bengkel maupun pabrik.

Salah satu alat konstruksi tersebut ternyata memiliki jenis komponen yang mendukung sistem kerjanya. Sebelum menggunakannya maka Anda perlu mengetahui apa saja komponen Hoist Crane .

Selain didukung dengan komponen utama Hoist Crane juga memiliki bagian pendukung, dan sistem proteksi untuk mengangkut muatan material baik di dalam pabrik, industri ataupun bengkel.

Hoist Crane difungsikan sebagai angkutan beban ringan maupun beban medium yang digunakan di dalam ruangan, yuk simak ulasan berikut ini mengenai berbagai jenis komponen dari Hoist Crane!

Beberapa Jenis Komponen Hoist Crane

Yuk simak beberapa komponen jenis  Hoist Crane agar bisa menunjang kinerjanya sebagai pesawat angkat dalam mengangkut beragam muatan berikut ini!

Bagian – Bagian Komponen Hoist Crane

Berikut adalah beberapa komponen utama Hoist Crane yang dibedakan dalam beberapa jenis.

EOT Crane

Pada umumnya salah satu jenis Crane yang populer digunakan dalam pendistribusian pabrik bernama EOT (Electric Overhead Travelling) Crane ini bisa mengangkat beban hingga 20 hingga 500 ton yang dipasang di langit – langit pabrik. Jenis komponen EOT Crane ini bisa digunakan dalam indoor atau dalam ruangan maupun di dalam outdoor atau di luar ruangan.

Gantry Crane

Jenis komponen Hoist Crane selanjutnya adalah Gantry Crane yang terdiri dari rangkaian kerekan dan derek dengan support legs dan roda dipergunakan di luar ruangan yang berjalan di atas landasan rel di lantai. Jenis komponen Gantry Crane memiliki gerakan yang hampir sama dengan EOT Crane.

Selain itu Gantry Crane memiliki dua jenis tipe yaitu Double Girder dan Single Girder, tipe kedua jenis tersebut keduanya akan dipasang dengan cantilever atau penopang pada sisi kiri dan kanan girder.

Semi Gantry Crane

Pada Semi Gantry Crane ini hanya memiliki satu rangkaian support legs yang dikombinasikan dengan support legs dengan rail di atas tanah dan elevated runway pada sisi lainnya. jenis komponen semi Gantry Crane ini cocok digunakan dalam ruangan indoor dengan ruangan yang terbatas.

Rubber Tyre Gantry Crane (RTG Crane)

Sementara pada RTG Crane memiliki rangkaian yang menggunakan support legs yang dilengkapi dengan roda ban, memiliki ketinggian yang cukup, digunakan di dalam industri dan lingkungan maritim.

Selain itu komponen Hoist Crane jenis RTG juga memiliki ciri – ciri yang tidak memiliki rail atau landasan tanah, cocok untuk outdoor di segala medan baik daratan maupun laut dengan kedalaman tertentu.

Jib Crane

Lain halnya pada komponen jenis Jib Crane yang memiliki rangkaian tiang sebagai pusat dan penopang pada salah satu ujung grider yang bisa berputar 180 sampai 360 derajat bergerak ke kanan kiri dan wire rope agar bisa naik turun. SeLain itu Jib Crane juga memiliki empat jenis diantaranya Industrial Jib Crane, Column Jib Crane dan Port Jib Crane.

Jadi untuk penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan daya angkat dan proses produksi industri dalam pekerjaan Anda.

Nah itulah beberapa komponen Hoist Crane yang perlu Anda ketahui agar proyek konstruksi berjalan secara efisien. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About the author

LA

Leave a Comment