Elektronik Tekno

Inilah Berbagai Perbedaan Rolex Asli dan Palsu atau KW

Inilah Berbagai Perbedaan Rolex Asli dan Palsu atau KW

Rolex merupakan arloji yang spesial. Banyak orang mengejar arloji ini untuk tujuan hidup. Maka dari itu, tidak heran banyak Rolex palsu hadir di pasaran. Bagaimana menghindari Rolex palsu??

Rolex telah menjelma sebagai perusahaan arloji terpenting dalam sejarah dunia arloji. Banyaknya arloji Rolex yang terjual setiap tahun merupakan bukti bahwa kualitasnya yang tidak main-main. Rolex bukan sekedar arloji, banyak yang mengartikan brand ini sebagai simbol status sosial.

Bagi banyak orang, memiliki arloji Rolex menghadirkan sebuah kegembiraan dan kepuasan tersendiri, seperti menjadi sebuah pencapaian hidup. Namun, dengan permintaan yang banyak pada setiap tahunnya, tidak heran bila mulai bermunculan Rolex tiruan pada setiap modelnya.

Cara Membedakan Rolex Asli dan Palsu

Apalah artinya menggunakan arloji Rolex kalau itu merupakan replika, karena kebanggaan yang nyata adalah memiliki arloji Rolex yang original. Agar terhindar dari arloji Rolex replika, maka Anda harus perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Ukiran Nomor Seri & Model

Salah satu cara terbaik untuk memastikan keaslian Rolex adalah dengan merujuk pada nomor referensi seri dan case. Nomor seri dan nomor model pada Rolex asli diukir dengan dalam dan sempurna dengan garis halus yang akan bersinar dalam cahaya dengan sudut seperti potongan berlian.

Sebaliknya, nomor seri pada banyak arloji tiruan, atau replika, biasanya terdiri dari titik-titik kecil yang samar karena kualitas proses penandaan yang lebih rendah.  Selain itu, poin lain yang perlu diperhatikan adalah, Rolex replika sering kali menggunakan referensi dan nomor seri yang sama pada banyak arloji dengan model berbeda. Semua arloji Rolex asli harus memiliki nomor referensi yang sesuai dengan model dan konfigurasi spesifiknya, dan masing-masing memiliki nomor seri uniknya sendiri.

Penandaan Indeks

Arloji replika tersedia dalam kualitas yang berbeda, dan arloji tiruan yang berkualitas rendah bahkan tidak perlu repot-repot memasang nama Rolex atau logo mahkota terkenal pada bagian dial arloji. Rolex asli memiliki indeks yang ditandakan dengan material yang tebal dan jelas, kualitasnya bisa dilihat dengan mata kepala Anda sendiri.

Movement

Movement jam yang menggerakkan Rolex asli adalah hasil dari keterampilan ahli pembuatan jam. Arloji replika tidak dapat menandingi keahlian, dedikasi, presisi, dan pengetahuan tentang kaliber Rolex sejati. Setiap mesin jam asli akan selalu memiliki ukiran “Rolex” di atasnya, dan masing-masing bagian akan diselesaikan dengan rapi yang hanya dapat Anda lihat bila Anda membuka arloji.

Namun karena kecanggihan teknologi, para pembuat arloji replika semaki ahli dalam mengkloning mesin jam Rolex asli. Arloji ini sering disebut “super fakes” dan memiliki mesin jam yang meniru desain dan tampilan mesin jam Rolex asli.

Namun dengan pemeriksaan yang lebih detail, mesin jam yang dikloning akan tetap terlihat kekurangannya dalam penyelesaian bagian-bagian detail.

Dial and Jarum Jam

Dial jam Rolex asli dibuat dengan sempurna, jadi bila Anda melihat font yang tidak rata, spasi yang tidak konsisten antara huruf, noda, dan / atau ejaan yang salah pada arloji, maka itu adalah tanda bahwa arloji tersebut tiruan.

Selain itu, Rolex tiruan memiliki detail dan fitur arloji yang kurang halus. Dari pencetakan pada dial hingga penyelesaian pada hands dan indeks, segala sesuatu tentang Rolex tiruan tidak akan dieksekusi sebaik yang asli.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk mempelajari dengan cermat foto resmi dari model arloji yang ingin Anda beli. Pada beberapa arloji, jarum jam, dial dan jepitan bracelet akan sangat berbeda.

Cyclop

Pada arloji Rolex, Cyclops adalah lensa pembesar di atas jendela tanggal pada bagian depan arloji mereka. Pada Rolex asli, cyclops berbentuk cembung dan memperbesar tanggal sampai 2,5 kali agar lebih mudah dibaca. Bila, pada arloji yang Anda lihat lensa pembesarnya datar dan tanggalnya tidak diperbesar, kemungkinan besar arloji tersebut tiruan.

Bobot Berat

Rolex asli akan memiliki bobot tertentu karena dibuat secara eksklusif dari bahan terbaik tanpa pemotongan sudut dalam proses produksinya. Arloji tiruan akan terasa lebih ringan dan tipis karena konstruksi yang lebih murah dan bahan yang lebih sedikit. Bila arloji Anda tersebut terasa ringan, kemungkinan besar Anda berurusan dengan barang tiruan.

Micro-etched Crystal

Mulai tahun 2002, Rolex mulai menerapkan mikro logo mahkota kecil pada posisi jam 6 di bagian kristalnya. Bila Anda ingin membeli Rolex yang dibuat pada tahun 2002 dan seterusnya, temukan tanda ini untuk bukti keaslian. Karena ukurannya yang sangat kecil, sulit untuk terlihat dengan mata telanjang tanpa bantuan kaca pembesar, dan terkadang membutuhkan pencahayaan yang tepat untuk melihat dengan benar.

Ketepatan detail ini menyulitkan arloji tiruan untuk ditiru, dan harus selalu menjadi sesuatu yang Anda cari saat membeli Rolex modern. Cari logo mahkota, dan bila Anda tidak melihatnya, kunjungi dealer Rolex bersertifikat Rolex untuk pendapat profesional mereka.

About the author

LA

Leave a Comment