Elektronik Tekno

Inilah Cara Mengecek Kecepatan RAM pada Laptop di Windows 10

Inilah Cara Mengecek Kecepatan RAM pada Laptop di Windows 10

Seringkali menjadi pertanyaan, komponen apa yang harus diperhatikan saat seseorang hendak mengoperasikan laptopnya ? Pastikan itu ialah RAM. Komponen ini bertanggung jawab, sebagai pengelola software atau program yang sedang berjalan pada perangkat yang dijalankan.

RAM, Random Access Memory

Mungkin nama RAM sudah tak asing lagi bagi kalian, ialah suatu perangkat memori penyimpanan yang sifatnya sementara. Di komputer, RAM ini di fungsikan sebagai tempat penyimpanan dan melanjutkan data yang sudah diterima kemudian diarahkan ke bagian proses dan output.

Adapula yang mengartikan sebagai data yang bisa berupa aplikasi sedang berjalan, juga termasuk terletak di background. Jika ada data dari aplikasi yang telah tak berjalan, maka data itu kemudian Bakan dibersihkan dari memori utama agar ruang itu bisa dipakaikan oleh aplikasi lainnya.

Sangat penting bagi kalian untuk mengetahui kecepatan dan kapasitas RAM pada motherboard.

Kapasitas RAM dapat kalian ketahui, dengan menekan tombol Windows key + R di keyboard. Nantinya akan muncul kotak dialog yang menampilkan kata Run.

Ketikkan ‘dxdiag’ (tanpa tanda kutip) di dalam kotak dialog, setelahnya tekan OK. Selanjutnya akan muncul jendela Windows penuh dengan informasi tentang segala hal terkait perangkat komputer milik pengguna. Di sanalah tersedia informasi mengenai jumlah RAM yang tertanam di atas motherboard.

Pada intinya mengetahui berapa banyak kapasitas RAM yang tertanam di dalam komputer jadi sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Pertanyaan selanjutnya adalah: mana yang penting di antara kecepatan dan kapasitas RAM?

Kapasitas RAM standar untuk zaman ini minimum sebesar 4GB, dengan catatan pengguna hanya memanfaatkan perangkatnya untuk mengetik dan browsing. Bila membutuhkan komputer untuk melakukan editing foto dengan load standar, maka RAM sebesar 8GB lebih dari cukup. Kasusnya jadi berbeda ketika kita membicarakan kecepatan RAM.

Kecepatan RAM pada umumnya mengacu pada satu pengertian: frekuensi RAM. Pemahaman tentang kecepatan RAM tidak jauh-jauh dari situ.

Ukurannya biasanya ditampakkan dalam satuan MHz, yang biasanya diikuti oleh versi DDR yang tercantum pada spek RAM (mis: 8GB DDR4-2400). Pada tipe DDR4, misalnya, frekuensi standar yang dijual di pasar biasanya ada di rentang 2133MHz.  Lalu apakah kita membutuhkan RAM dengan frekuensi tinggi? Tidak juga.

Performa atau kecepatan RAM tergantung pada beberapa hal seperti bandwidth, frekuensi, jumlah channels total, kuantitas, jenis DDR, latensi, dan bahkan kecepatan prosessor. Walau begitu, rasanya tidak ada salahnya bila pengguna membeli RAM dengan frekuensi tinggi.

Kalau pengguna ingin melakukan upgrade komponen RAM, bandingkan terlebih dulu RAM yang lama dengan RAM yang ingin dibeli. Dengan kata lain, pengguna perlu mengetahui RAM lama yang sudah lebih dulu terpasang di dalam perangkat. Cara ini akan membantu pengguna untuk melakukan upgrade dengan lebih mudah.

Cara Mengecek Kecepatan RAM

Lalu bagaimana cara untuk mengecek kecepatan dari RAM pada laptop Windows 10 di CMD maupun task manager ? Adapun cara ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa tingkat kesehatan RAM optimal, ataupun untuk mengetahui seberapa baik performa yang dijalankan pada RAM.  Simak, cara berikut ini :

Melalui CMD

  1. Pertama, klik tombol icon Windows pada taskbar dan pada kotak pencarian ketik kata CMD.
  2. Setelah sistem memperlihatkan pilihan menu command prompt, lalu klik tombol enter agar bisa menjalankan fungsi CMD ini.
  3. Kemudian, ketik wmic memorychip get speed secara manual pada jendela command prompt.
  4. Lalu, tekan enter agar perintah itu dapat berjalan.
  5. Sistem operasi akan secara otomatis, memperlihatkan teks berisi kecepatan dan beberapa angka. Adapun yang dimaksud dari angka ini ialah, seberapa cepat RAM yang sedang dijalankan di laptop kalian.

Melalui Task Manager

  1. Pertama, tekan kombinasi tombol CTRL+ALT+DEL atau bisa juga melalui klik kanan di taskbar dan pilih pilihan task manager.
  2. Kemudian, klik Performance dan pilihlah Memory.
  3. Kecepatan RAM, bisa kalian lihat di kolom Speed.

Itulah, cara mengecek kecepatan RAM di Laptop pada Windows 10. Semoga bermanfaat.

About the author

LA

Leave a Comment