SDA

Inilah Daftar Tanaman Cepat Panen Untung Banyak yang Wajib Dicoba

Inilah Daftar Tanaman Cepat Panen Untung Banyak yang Wajib Dicoba

Apakah Anda ingin tanaman yang Anda tanam bisa cepat panen dalam waktu singkat dan untung banyak? Yuk simak daftar tanaman cepat panen untung banyak berikut ini!

Setiap orang pasti menginginkan, semua tanaman yang ditanam, bisa  tumbuh dengan baik, agar bisa cepat panen. Apalagi jika tanaman tersebut bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Namun sayangnya, banyak orang yang tidak tahu, bahwa masuk ke dunia pertanian ternyata, memang bisa menguntungkan. Maka dari itu, Anda harus tahu, mengenai tanaman cepat panen untung banyak yang bisa Anda coba.

Perlu Anda tahu, bahwa dalam dunia Agribisnis, juga memiliki prospek yang bagus, untuk dijadikan sebuah peluang usaha. Namun apakah Anda tahu jenis tanaman seperti apa yang bisa panen dengan cepat dan bisa menghasilkan keuntungan yang banyak? Jangan khawatir, berikut adalah deretan daftar nama tanaman yang bisa Anda coba tanam di rumah. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Daftar Tanaman Cepat Panen Untung Banyak

Inilah daftar beberapa tanaman yang bisa panen dalam waktu yang singkat, serta menghasilkan banyak keuntungan. Yuk, simak beberapa daftarnya!

1.Porang

Saat ini, Porang menjadi sebuah budidaya yang tengah populer di masyarakat pertanian Indonesia. Karena dengan kisah sukses petaninya yang berhasil menjadi miliarder, lantaran dengan berbisnis ekspor tanaman umbi-umbian tersebut.

Sebagian besar orang menyebut tanaman Porang dengan nama iles – iles, yang merupakan tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Porang banyak dibudidayakan untuk diekspor, karena manfaat yang dimilikinya sebagai bahan baku tepung, kosmetik, dan sebagai penjernih air.

Selain itu juga, digunakan untuk pembuatan lem dan jelly, yang pada beberapa tahun terakhir ini, telah diekspor ke Jepang.

Menurut sebuah website  pertanian.go.id, yang menyebutkan bahwa salah satu tanaman cepat panen untung banyak ini memiliki nilai yang strategis untuk dikembangkan. Karena mempunyai peluang yang cukup besar untuk di ekspor.

Bahkan sebuah Lembaga Badan Karantina Pertanian menyebutkan, bahwa ekspor Porang pada tahun 2018 tercatat sebanyak 254 ton, dengan nilai ekspor yang mencapai Rp. 11,31 miliar ke negara Jepang, Tiongkok, Vietnam, Australia, dan negara lainnya.

Hal ini tentu bisa menjadi potensi rejeki besar Anda. Maka dari itu, kami sudah siapkan tutorial untuk Anda agar sukses budidaya tanaman Porang ini.

2. Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu tanaman bahan pokok sebagai bumbu dapur penting yang digunakan untuk memasak setiap hari. Jadi dengan kegunaannya yang sangat penting itu, maka sangat wajar, jika bawang merah merupakan tanaman idaman bagi para petani.

Selain itu, bawang merah juga memiliki harga jual yang mahal dalam perkilonya. Karena setiap hari banyak diburu untuk kebutuhan masakan. Keuntungan lainnya dalam menanam bawang merah adalah meski dalam 2 bulan setelah panen, bawang merah masih bisa tahan lama.

Jadi kelebihannya yaitu tidak akan mudah busuk. Itulah mengapa para petani memilih bawang merah sebagai tanaman cepat panen untung banyak yang dibudidayakan. Karena jika Anda mencoba menanam bawang merah pada lahan 1 hektar, maka bisa memperoleh hasil panen mencapai 2 ton.

3. Jagung Manis

Sebagian besar orang mungkin belum mengetahui bahwa menanam jagung merupakan tanaman pertanian yang memiliki potensi hasil yang menguntungkan. Terutama jenis jagung manis. Karena dalam segi penanamannya, baik untuk persiapan lahan, penanaman benih, pemeliharaan tanaman, hingga pemanenan jagung, sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Jagung manis memiliki harga yang berkisar sekitar 3000 Rupiah untuk per kilonya, dan jika memungkinkan, dalam sekali panen bisa mencapai 1000 kg. Maka Anda bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan. Selain itu pada segi pemeliharaannya, jagung manis tidak begitu banyak memerlukan perhatian yang lebih. Itulah mengapa, jagung manis disebut juga sebagai tanaman cepat panen untung banyak.

4. Cabai

Cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat penting, karena sebagai bahan baku masakan sehari-hari yang tidak bisa lepas dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Seiring dengan permintaan yang tinggi pada setiap harinya, maka tak heran jika harga cabai pun juga ikut melambung naik. Sehingga membuat budidaya tanaman cabai bisa menjanjikan banyak keuntungan, untuk para petani yang menanamnya.

Dibalik kenikmatan rasanya yang pedas, tanaman cepat panen untung banyak ini juga menyimpan potensi keuntungan yang besar. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui beberapa alasan budidaya cabai yang menguntungkan berikut ini. Diantaranya :

Cabai sebagai salah satu bahan pokok dengan permintaan yang tinggi setiap hari. Karena kebanyakan masyarakat Indonesia mengkonsumsi sambal dalam hidangan makanannya.

Pada saat momen tertentu atau hari raya besar, harga cabai bisa melejit tinggi.

Selain itu, dalam penanamannya, cabai cukup mudah dilakukan. Meski dengan modal yang pas-pasan. Dan dalam segi perawatannya pun, bahannya mudah untuk ditemukan. Salah satu bahan tersebut adalah garam dapur. Anda bisa memanfaatkan itu untuk menjaga kualitan tanaman cabai Anda,

5. Jamur Tiram

Perlu Anda ketahui, bahwa jamur yang sering dikonsumsi ternyata memiliki harga jual yang lumayan dan bisa memberikan omset yang tinggi saat dibudidayakan. Selain itu, untuk memulai usaha budidaya jamur tiram, modal yang dibutuhkan tidak banyak, yaitu sekitar 3,5 jutaan. Bahkan, salah satu tanaman cepat panen untung banyak tersebut penanamannya cukup mudah.

Lalu, untuk lahannya juga tidak membutuhkan tempat yang luas. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah tempat yang lembab untuk hidup si jamur tiram tersebut. Kemudian saat penanaman hingga panen dilakukan dengan cara yang mudah, terutama dalam soal perawatannya.

6. Sawi

Sawi merupakan salah satu sayuran pokok yang populer, karena bisa digunakan untuk berbagai macam masakan. Seperti dalam pembuatan mie, oseng-oseng, sayur sup, dll. Jika dilihat dari harga nya memang cukup terjangkau. harga sawi 1 ikat, mungkin hanya bernilai 2 ribu saja. Namun jika berhasil panen, maka Anda bisa memanen hingga  1000 ikat.

Nah, tanaman cepat panen untung banyak tersebut bisa Anda tanam menggunakan media hidroponik. Karena cara tersebut merupakan solusi yang tepat dalam menanam sayur, saat tidak memiliki lahan yang luas. Bahkan para petani pun saat ini menggunakan media tanam hidroponik, karena lebih efisien dalam perawatan, menghemat lahan dan tidak mudah terserang hama.

7. Jahe Merah

Dilansir dari laman economy.okezone.com, budidaya tanaman jahe merah menjadi salah satu komoditas yang sangat potensial. Hal tersebut dilihat dari segi keuntungan dan kemudahan dalam pengembangan perawatannya.

Karena dalam permintaan pasar untuk jenis jahe berwarna merah tergolong bagus, jika dilihat dari segi manfaatnya. Inilah beberapa prospek budidaya jahe merah! Diantaranya :

Dalam pengembangan tanaman jahe merah sangat mudah, dan tidak membutuhkan lahan yang  luas.

Jahe merah memiliki permintaan yang tinggi untuk bahan baku industri herbal nasional dan bahkan internasional.

Untuk perawatan tanaman jahe merah tidak membutuhkan modal yang terlalu besar.

8. Bunga Mawar

Bunga mawar adalah salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer dan banyak digemari oleh berbagai kalangan. Karena saat ini mawar memiliki banyak sekali varietas warna yang menarik. Bunga mawar saat ini tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias saja, tapi dimanfaatkan juga sebagai  bahan untuk membuat berbagai produk kecantikan.

Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini permintaan akan kebutuhan bunga mawar semakin meningkat. Hal tersebut bisa dijadikan sebagai peluang bisnis dan usaha yang menguntungkan. Namun untuk melakukan budidaya pada salah satu tanaman cepat panen untung banyak ini, Anda harus rajin dalam merawat dan memeliharanya, agar bisa terhindar dari hama yang menyerang.

Bunga Mawar termasuk tanaman hias yang wajib diberikan perawatan khusus, salah satunya tentang pemberian pupuk NPK.

9. Kurma Tropis

Tanaman kurma merupakan tanaman pertanian paling menguntungkan jika dibudidayakan. Karena selain buahnya sangat digemari oleh berbagai kalangan, kurma juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Permintaan kurma bisa naik 10 kali lipat dari hari biasa pada hari raya tertentu, terutama saat bulan puasa. Namun banyak yang berpendapat, bahwa tanaman ini tidak bisa tumbuh atau dibudidaya di Indonesia.

Pendapat tersebut belum sepenuhnya benar. Karena jika menurut pendapat dari seorang pakar buah di kota Bogor, yaitu DR. Mohammad Reza Tirtawinata MS, yang berpendapat bahwa tanah di Indonesia memiliki peluang yang baik untuk menanam kurma.

Tapi perlu Anda tahu, bahwa jenis kurma yang disebutkan adalah berjenis kurma tropis. Karena Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis. Anda bisa melihat di negara Thailand yang berhasil menanam salah satu tanaman cepat panen untung banyak tersebut, yaitu kurma berjenis tropis, hingga bisa meraup keuntungan sebesar ratusan juta tiap tahunnya.

10. Kacang Kedelai

Kedelai merupakan jenis tanaman biji-bijian yang paling menguntungkan dan banyak dibudidayakan oleh para petani di Indonesia. Karena kedelai merupakan salah satu tanaman yang memiliki zat protein nabati tinggi. Selain itu, kedelai juga memiliki tingkat permintaan yang besar, di pasar lokal maupun pasar nasional.

Meskipun tanaman kedelai masih menjadi komoditas kebutuhan yang masih kurang, namun  Indonesia sendiri juga, telah menjadi negara pengimpor biji kedelai di tengah anugrah kesuburan tanah dan ketersediaan lahan yang terhitung masih sangat luas. Meski begitu, Anda sebagai petani harus bisa menanam, sekaligus memanfaatkan peluang bisnis dari salah satu tanaman kedelai tersebut.

11. Paprika

Paprika menjadi salah satu komoditas permintaan yang tinggi pada pangsa pasar Indonesia. Karena pasokan salah satu tanaman cepat panen untung banyak tersebut masih terbatas jumlahnya, maka harganya pun masih cenderung tinggi dan harganya pun juga stabil, Jika dibandingkan dengan komoditas cabai lainnya.

Saat Anda mencoba membudidayakan Paprika, maka perhatikan suhu di area untuk penanamannya. Karena pada umumnya, paprika yang berkualitas itu ditanam di dataran tinggi atau area pegunungan. Hal tersebut dilakukan, karena pada tanaman paprika sangat rentan terhadap hama penyakit, jika di tanam di dataran rendah.

12. Kol Atau Kubis

Sebagian besar orang mungkin belum mengetahui bahwa menanam atau budidaya tanaman kubis akan bisa menghasilkan keuntungan yang melimpah. Apalagi dengan modal yang minim. Maka Anda sudah bisa membuka peluang usaha dalam bidang pertanian.

Untuk penanamannya juga cukup mudah. Karena biaya perawatannya terbilang cukup untuk penyemprotan insektisida secara berkala. Pada umumnya, kubis atau kol ini ditanam pada wilayah pegunungan atau dataran tinggi yang memiliki suhu dingin. Jika Anda mencoba untuk membudidayakan kubis, maka dijamin tidak akan rugi. Karena harganya tidak naik turun, seperti cabai atau tomat.

Dengan harga yang stabil tersebut, membuat petani banyak memilih sayuran ini, sebagai  salah satu jenis tanaman cepat panen untung banyak. Karena dalam sekali panen, bisa meraup untung hingga puluhan juta dalam sekali panen.

13. Pisang

Pisang merupakan salah satu tanaman yang mengandung banyak manfaat, terutama pada buahnya. Selain itu, buahnya juga cukup potensial untuk dibudidayakan. Penanamannya juga cukup mudah. Pertama, Anda harus menyiapkan bibit pisang yang unggul, lalu menanamnya, dan tunas tersebut sangat mudah untuk tumbuh. Meski ditanam di lahan mana saja.

Saat panen, harga jual buah pisang terbilang cukup tinggi. Karena selain rasanya yang enak, buah pisang juga mengandung berbagai banyak manfaat, bahkan untuk kesehatan. Selain itu, masyarakat juga bisa mengolah untuk dijadikan berbagai macam olahan makanan, berbahan dasar buah pisang. Buah pisang juga termasuk jenis tanaman cepat panen untung banyak, karena tunas nya bisa cepat tumbuh lagi, setelah buahnya dipanen.

14. Bayam Merah

Bayam merah menjadi salah satu tanaman sayuran pada urutan pertama yang paling banyak dicari. Karena pada bayam merah, memiliki beberapa kandungan zat yang lebih banyak, jika dibandingkan dengan bayam hijau. Maka tak heran, jika bayam merah menjadi salah satu tanaman cepat panen untung banyak untuk dibudidayakan, dalam teknik penanaman hidroponik.

Untuk harga memang terbilang murah, namun jika Anda bisa lebih berinovasi dalam cara menanamnya, maka harga jual dijamin pasti bisa lebih mahal dibanding penanaman sayuran non-organik pada umumnya. Karena jika Anda memilih cara penanaman organik, tentu akan menjangkau pasar dengan mementingkan kesehatan dan pengemasannya.

15. Kangkung

Menurut perusahaan sayuran organik di Jawa Barat, bahwa kangkung menempati peringkat kedua sebagai produk sayur terlaris setelah bayam. Selain itu, kangkung juga menjadi salah satu tanaman yang terbilang cepat panen, dan diburu oleh banyak orang. Karena penanamannya cukup mudah untuk dilakukan pada berbagai jenis musim.

Namun saat Anda membudidayakan kangkung, Anda harus tetap menjaga dan memperhatikan adanya hama yang menyerang. Setelah 3 minggu dari penanaman biji, kangkung sudah siap untuk dipanen.

16. Pala

Pala merupakan jenis salah satu tanaman yang menguntungkan. Karena selain bisa berbuah sepanjang tahun, dan tidak kenal waktu, pala juga terbilang memiliki harga yang cukup mahal. Sebab, pala merupakan jenis rempah-rempah dan sebagai obat herbal.

Penanamannya juga cukup mudah. Pala bisa ditanam pada dataran rendah maupun dataran tinggi. Asalkan kebutuhan air dan cahaya matahari terpenuhi. Dengan begitu, pala bisa tumbuh subur dan bisa menghasilkan buah yang bagus dan banyak.

Maka tidak heran, jika tanaman pala sebagai tanaman cepat panen untung banyak. Karena zat didalamnya bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Bahkan untuk 1 pohon pala saja, pada setiap bulannya bisa menghasilkan puluhan juta rupiah. Karena mulai dari kulit hingga biji, bisa dimanfaatkan. Dalam hal perawatannya juga, tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan banyak biaya.

Nah itulah beberapa daftar tanaman cepat panen untung banyak yang bisa Anda coba budidayakan dari rumah atau pada lahan yang kosong, yang tentunya bisa meraup keuntungan yang banyak. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil dari hobi yang Anda tekuni, yaitu bercocok tanam. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

About the author

LA

Leave a Comment