Mesin Tekno

Jenis Alat Berat Asphalt Sprayer yang Perlu Anda Ketahui

Jenis Alat Berat Asphalt Sprayer yang Perlu Anda Ketahui

Asphalt Sprayer sangat berperan saat konstruksi pembangunan jalan raya, yuk simak seperti apakah itu alat berat Asphalt Sprayer dan apa fungsinya?

Seperti yang Anda ketahui bahwa bahan baku yang sangat penting dalam pembuatan jalan raya adalah aspal cair. Karena dengan aspal cair maka akan bisa mengikat bahan di permukaan jalan, serta ruang pengisian permukaan jalan. Selain itu dalam pembuatan jalan tentu menggunakan sebuah alat khusus bernama Asphalt Sprayer yang akan memudahkan pekerjaan para kontraktor.

Nah salah satu alat bernama Asphalt Sprayer tersebut berfungsi sebagai penyemprot atau sprayer aspal cair saat melakukan pembuatan jalur jalan raya. Oleh karena itu agar Anda bisa lebih mengetahui tentang jenis alat berat pembuat jalan tersebut, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini!

Mengenal Jenis Alat Berat Asphalt Sprayer

Untuk informasi lebih jelas yuk kenali Asphalt Sprayer melalui spesifikasi, fungsi, dan berbagai jenisnya berikut ini!

Spesifikasi Asphalt Sprayer

Dari model spesifikasi Asphalt sprayer yang ada semprotan aspal tersebut menyesuaikan dengan desain dan alat. Hal tersebut dikarenakan sesuai dengan berjalannya waktu maka spesifikasi alat bisa berubah kapan saja sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Namun berikut adalah beberapa spesifikasi yang bisa Anda temukan dalam mengaspal jalan.

Kapasitas Asphalt Sprayer

Pada umumnya pada penyemprot atau sprayer aspal memiliki kemampuan tangki yang cukup besar, bahkan hingga bisa dimuat sampai ribuan liter, tepatnya berukuran 1400 liter.

Bahan Tangki

Untuk bahannya tangki pada sprayer aspal terbuat dari bahan keramik porselen.

Kecepatan Asphalt Sprayer

Asphalt Sprayer memiliki kemampuan semprot aspal cair hingga 5 liter per menitnya.

Mesin Kemudi

Sementara untuk mesin kemudi atau motor drive yang digunakan adalah mesin diesel.

Cengkeraman

Selain itu pada umumnya juga menggunakan kopling magnetik dengan tipe MA GA –  12.

Generator Mesin

Untuk generator mesinnya dilengkapi dengan mesin pembangkit dengan daya sekitar 2000 watt atau setara dengan 220 volt.

Ukuran Alat

Untuk ukuran alatnya Asphalt Sprayer memiliki dimensi 4270 mm, dengan lebar 1920 mm, dan tinggi 2750 mm.

Ukuran Ban

Sedangkan ukuran ban atau roda mencapai 14 hingga 13.

Selanjutnya masih terdapat spesifikasi utama lainnya dan itulah spesifikasi  rata – rata yang dimiliki oleh salah satu alat berat penyemprot aspal. Setelah mengetahui spesifikasinya maka sekarang Anda harus mengetahui fungsinya.

Fungsi Alat Berat Asphalt Sprayer

Sudah diulas pada penjelasan diatas bahwa fungsi Asphalt Sprayer adalah untuk menyemprot aspal panas yang cair dalam proyek pembuatan jalan raya. Jadi salah satu alat tersebut bisa memudahkan para proyek untuk memudahkan pekerjaan mereka dalam pembuatan jalan secara cepat dan efektif, apalagi dengan kemampuan alat penyemprotan yang dimilikinya

Beberapa Jenis Sprayer Asphalt

Asphalt Sprayer juga memiliki beberapa jenis dalam pembuatan jalan, diantaranya jenisnya dengan kapasitas 700 liter. Kapasitas 700 liter termasuk dalam kapasitas yang terkecil diantaranya jenis alat penyemprot aspal lainnya. Untuk jenis kedua yaitu yang berukuran rata – rata dengan kapasitas sedang 1000 liter.

Sementara yang berukuran besar dan juga memiliki kemampuan besar saat digunakan dalam penyemprotan aspal cair yang panas di proyek pembuatan jalan, yaitu kemampuan berkapasitas 1.200 liter.

Nah itulah pembahasan mengenai alat berat Asphalt Sprayer yang digunakan dalam proyek pembangunan jalan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

About the author

LA

Add Comment

Leave a Comment