SDA

Mengenal Sifat Nikel serta Manfaatnya

Nikel adalah salah satu sumber daya alam, terlebih yang berasal pada pertambangan. Nikel banyak digunakan, sebab sifat Nikel yang dapat digunakan untuk kebutuhan.

Kebutuhan masyarakat terhadap Nikel memang tidak bisa terpisahkan. Nikel sendiri memiliki ragam manfaat mulai dari pembuatan alat perlengkapan dapur dan lainnya. Tentu saja, hal tersebut ditunjangi oleh sifat Nikel itu sendiri.

Nikel merupakan salah satu unsur logam pertambangan dan merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.  Oleh karena itu, dalam menggunakannya haruslah ramah dan hemat. Simak baik-baik artikel kali ini untuk mengenal lebih dalam mengenai unsur logam Nikel.

Seputar Informasi Mengenai Sifat Nikel

Nikel merupakan salah satu elemen dari keempat elemen lainnya. Diantaranya adalah besi, gadolinium, dan kobalt. Pada suhu normal, sifat Nikel adalah feromagnetik. Nikel memiliki peranan yang penting di jaman modern seperti sekarang untuk  dijadikan bahan paduan dalam pembuatan baja anti karat. Hal ini dikarenakan sifat anti karat yang dimiliki pada Nikel.

Nikel adalah unsur logam  yang memiliki warna putih keperak-perakan dengan semburat keemasan. Pada tabel periodiknya Nikel merupakan unsur kimia metalik dengan simbol Ni dan memiliki nomor atom 28.

Di dalam dunia perindustrian, Nikel merupakan bahan yang paling dibutuhkan. Termasuk pada pembuatan baja yang telah disebutkan tadi.  Sebab, Nikel memiliki banyak manfaat yang sangat berguna. Hal ini terbukti dengan banyaknya ekspor bijih Nikel yang dilakukan oleh pertambangan di Indonesia, yang sudah mencapai kenaikan signifikan di tahun 2019 lalu.

Mengenal Nikel dari Manfat dan Bahayanya

Nikel memiliki sifat fisik yang anti karat serta tahan lama, membuat Nikel banyak dibutuhkan oleh perindustrian.  Selain itu, Nikel bersifat keras namun masih bisa dibentuk dan ulet. Akan tetapi pada kondisi murninya, Nikel ini dapat bertekstur lembek. Jika dipadukan dengan krom serta besi, Nikel dapat menghasilkan baja yang sangat kuat dan tentunya anti karat. 

Untuk kebih jelasnya mengenai manfaat dan juga bahaya Nikel. Berikut ini adalah informasinya!

1. Kenali Manfaat Nikel

Ada banyak manfaat Nikel yang dapat membantu berjalannya kehidupan manusia dalam setiap harinya. Di antara manfaat yang dimiliki oleh Nikel yakni:

a.Pembuatan Alat Perlengkapan Dapur

Nikel dapat menghasilkan alat perlengkapan dapur anti karat. Hal ini terjadi jika Nikel dicampur dengan besi dan krom. Dengan begitu, alat perlengkapan dapur stainless steel tercipta. Biasanya alat perlengkapan dapur yang diciptakan, mulai dari sendok/garpu, wajan, panci dan lainnya.

b. Sebagai Lapisan Anti Karat

Seperti yang telah kita tahu, bahwa sifat yang dimiliki oleh Nikel adalah anti karat. Dengan begitu, Nikel dapat dijadikan sebagai lapisan anti karat yang berguna. Lapisan anti karat ini biasanya diaplikasikan pada bagian luar suatu barang.

c. Bahan Pembuatan Koin

Seperti yang kita tahu, koin merupakan sebutan dari uang logam. Pernah melihat uang logam terutama dengan mata uang 1.000, berkarat? Belum, kan? Hal ini dikarenakan adanya kandungan bahan Nikel yang  ada pada pembuatan koin.

Jangan Salah, Ini Bahaya Nikel

Nikel memang memiliki banyak manfaat, akan tetapi Nikel pun memiliki bahaya. Nikel terbilang berbahaya sebab dapat mengakibatkan beberapa gangguan, jika Anda melakukan kontak langsung dengan logam ini.

Nikel dapat mengakibatkan gangguan kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan sifat yang dimiliki oleh Nikel yakni korosif. Nikel pun dianggap sebagai pencetus alergi pada beberapa masalah kulit. Memang betul Nikel bukanlah racun kumulatif, meski begitu, Nikel dengan dosis yang besar  tentu akan berbahaya. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam mengelola Nikel.

Kesimpulannya, Nikel merupakan unsur logam yang memiliki manfaat yang sangat berguna, meski di sisi lain Nikel pun memiliki bahayanya tersendiri. Dengan memahami artikel ini, Anda bisa mengenal baik mengenai sifat Nikel dan hal-hal lain yang berkaitan dengan logam ini.

About the author

LA

Leave a Comment