Info dan Tips Tekno

Recovery Memulihkan Akun Google Lupa Sandi

Recovery Memulihkan Akun Google Lupa Sandi

Saat ini Gmail tak hanya dipakai sebagai platform untuk mengirim dan menerima pesan berupa email. Namun ternyata dari satu platform ini, ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan karena Google menawarkan banyak sekali fitur maupun produk Google lainnya dengan menggunakan akun Gmail.

Produk lain Google yang bisa di akses menggunakan akun Gmail antara lain Google Plus, Google Drive, Google Chrome, Google hangout, Youtube dan masih banyak lagi. Untuk itulah memiliki akun Gmail sangat penting bagi para pengguna perangkat digital seperti saat ini.

Namun, bagaimana jika tiba – tiba kita lupa sandi akun Gmail kita? Padahal ada banyak file dan hal yang harus kita lakukan dan membutuhkan produk – produk Google tersebut?

Jika hal ini terjadi pada anda, tak perlu panik. Tapi, sebelum anda melakukan pemulihan kata sandi, pastikan dulu apakah anda pernah menyimpan data log in anda di browser chrome atau browser lainnya yang anda gunakan saat sign up akun Gmail? Jika pernah, silahkan cek dengan klik tanda 3 titik di pojok kanan atas -> klik ‘setting’ -> lanjut klik ‘password’ di bagian ‘autofill’.

Berikut beberapa langkah yang dapat anda ikuti untuk mendapatkan sandi baru untuk email anda, sehingga anda dapat masuk ke akun Gmail lagi.

Langsung ke Laman Recovery

  1. Silahkan langsung ke laman recovery Google di https://accounts.google.com/signin/recovery?hl=in
  2. Masukkan alamat email gmail anda. Lalu klik ‘berikutnya’
  3. Anda akan masuk ke halaman baru untuk memasukkan password. Namun karena anda lupa kata sandinya, klik ‘Coba Pertanyaan yang Lain’ yang bisa ditemukan di bagian bawah kolom password
  4. Setelahnya, anda akan diminta untuk mengisi kolom alamat email pemulihan. Masukkan alamat email pemulihan yang sudah anda hubungkan saat pertama membuat akun.
  5. Setelah memasukkan alamat email. Google akan mengirimkan kode verifikasi agar anda dapat log in ke akun anda. Masukkan kode ke kolom yang disediakan kemudian Google akan menampilkan kolom untuk password baru. Masukkan password sebanuak dua kali, lalu klik ‘ubah sandi’. Silahkan anda coba login ke akun gmail anda menggunakan password baru tadi.  
  6. Ketika sudah dapat log in, silahkan ganti password anda dan pastikan password tersebut tersimpan di Chrome anda karena Chrome akan menawarkan apakah anda ingin menyimpan data log in atau tidak.
  7. Namun, jika anda lupa apa alamat email pemulihan yang anda gunakan, atau tidak muncul tautan email pemulihan, silahkan klik ‘coba pertanyaan yang lain’ yang anda temukan di bagian tengah bawah seperti sebelum anda masuk ke halaman kolom email pemulihan. Klik tautan tersebut hingga anda menemukan pertanyaan yang bisa di jawab.
  8. Google mempersiapkan 3 jenis pertanyaan antisipasi jika anda lupa kata sandi anda, yaitu: 1) alamat email pemulihan, 2) nomor hp yang tersambung dengan akun, 3) pertanyaan yang berhubungan dengan diri anda secara personal dimana hanya anda yang tahu jawabannya, seperti ‘siapa nama keponakan pertama anda’, dan sebagainya.
  9. Setelah anda menjawab pertanyaan yang diberikan, Google akan mengirimkan kode verifikasi ke anda. Ikuti prosesnya hingga anda bisa kembali log in ke akun Gmail anda. Kemudian ikuti sesuai petunjuk yang diberikan seperti yang sudah dijelaskan di langkah nomor 4.
  10. Ketika anda sudah berhasil log in dengan password baru tadi dan sudah menyimpan data login di Chrome anda, maka proses recovery sandi untuk akun Google anda sudah berhasil.

Nah, itulah cara memulihkan akun Google lupa password atau sandi.

About the author

LA

Leave a Comment